Apa Itu Backlink? Manfaat backlink untuk blog apa?

Backlink adalah

Apa Itu Backlink?

Backlink adalah sebuah link balik atau link yang masuk dari suatu halaman web tertentu yang mengarah langsung ke situs web kita.

Dalam dunia blogging khususnya mereka yang mempelajari ilmu SEO (Search Engine Optimization) pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya backlink. Saya menganggap backlink merupakan ramuan paling mujarab yang mampu meningkatkan ranking blog di mesin pencari. Hee Tapi itu juga harus di gabungkan dengan teknik seo lainnya, seperti mendaftarkan blog ke google webmaster tools, submit sitemap ke google, dan mengikuti aturan google-nya juga. Hehe

Apa Manfaat Backlink Untuk Blog?

Backlink memiliki peran penting untuk meningkatkan ke populeran suatu blog, dengan backlink blog atau website bisa kita temukan di mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan mesin pencari lainnya. Optimasi suatu blog atau website dengan menanam baclink disebut dengan SEO OffPage.

Backlink mampu meningkatkan dan mempertahankan ranking blog atau website di mesin pencari. Contoh: blog anda dengan judul tertentu ketika di cari di mesin pencari google menempati ranking 30 atau berada di halaman #3 google, nah agar blog anda berada di halaman #1 google atau menginginkan Ranking #1 Google anda bisa menggunakan backlink.

Cara Mendapatkan Backlink.

Untuk mendatkan backlink kita bisa berkomentar di blog atau website orang lain, submit ke blog directory, submit ke social bookmarking, backlink guestbook, bisa juga dengan membuat blog dummy, atau jika anda punya banyak modal bisa dengan membuat Blog PBN (Private Blog Network). Heee

Untuk anda yang menargetkan kata kunci dengan nilai persaingan yang renda cukup dengan berkomentar di blog orang lain saja sudah cukup, jika anda belum puas dengan ranking blog saat ini bisa mencoba di gabungkan dengan membangun blog dummy, anda bisa membuat blog di blogspot dan bisa juga membuat blog di WordPress. Atau mungkin pengunjung setia blog saya ini ada yang sedang membangun web jualan online dengan persaingan yang ketat?? Silakan gunakan teknik PBN saja agar puas.

Cara Menanam Backlink.

Perlu di ingat, backlink tidak semuanya bagus untuk blog kita, jika kita salah menanam backlink bukan tidak mungkin blog kita malah akan mengalami penurunan rangking, jadi carilah backlink yang berkualitas. Lihat saya menggunakan kata menanam, berarti agar hasilnya memuaskan kita harus menanam di tempat yang subur atau bagus. Heee

Dalam menanam backlink dengan cara berkomentar kita bisa langsung menggunakan kata kunci di bagian Nama, contoh:
  1. Name: Kata Kunci
  2. Email: Isi dengan email
  3. Url: Alamat blog atau postingan dari kata kunci.
  4. Komenan anda: Isi dengan kata sopan jangan cuma basa-basi agar anda tidak di anggap spamer. Hee
Ada juga blog yang mengijinkan Kode HTML (Hyper Text Markup Language) di bagian komentarnya, jika anda menemukan blog seperti ini anda bisa menanam backlink lebih dari satu. Untuk contohnya seperti ini:
  • Nama: Isi denga kata kunci 1, atau dengan nama asli anda.
  • Email: Email anda isi disini.
  • Url: Alamat blog dari kata kunci 1
  • Komentar: Nah dibagian ini anda bisa menambahkan baclink lagi, gunakan kode html link penulisannya <a href="alamat blog dari kata kunci 2">Kata kunci 2</a>.
Bagaimana sekarang sudah paham apa itu backlink? Sekain saja post dari saya, semoga bisa bermanfaat untuk pengunjung semua. Selamat belajar membuat blog yang seo.

Subscribe to receive free email updates: