Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools

Tips Membuat Blog dan Belajar SEO - Ini cara saya setelah membuat blog, yaitu mendaftarkannya ke google webmaster tools. Cara ini juga termasuk dalam kategori SEO, yang mana semua jenis blog dan website wajib mendaftarkan ke Google webmaster tools. Lihat disini cara membuat blog di blogspot.

Apa keuntungannya mendaftarkan blog atau website kita ke Google webmaster tools?
Seperti saya bilang di atas, cara ini syarat wajib untuk semua blogger yang ingin memiliki blog yang bagus. Karena tanpa bantuan Google webmaster kita pasti akan kesulitan untuk mendatangkan pengunjung ke blog kita, percuma buat blog dong kalau blog kita tidak bisa ditemukan di pencarian Google. Iya gak?

Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools

  1. Silahkan kunjungi www.google.com/webmasters/tools/ Lalu login dengan akun Email Google (Gmail) anda.
  2. Nah, setelah kamu masuk beranda silahkan klik Tambahkan properti (Tambahkan Blog), nanti kamu akan melihat form yang harus kita isi dengan alamat blog kita. Contoh: http://gibsonsnapshots.blogspot.com
    Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools
  3. Seletah itu kita akan disuruh verifikasi kepemilikan blog yang kamu daftarkan. Ditahap ini silahkan kamu gunakan Metode Alternatif, pilih Tag Html, lalu salin Tag Meta. Lihat gambar dibawah ini.
  4. Jika kamu sudah berhasil menyalin Meta Tag yang No 3 di gambar di atas, silahkan Masuk ke dasbor blog kamu di Tab Baru biar gampang, karena nanti kita akan balik lagi ke menu verifikasi. Di dasbor blog pilih Template, Edit HTML.
    Mendaftarkan Blog ke Google

    Di menu edit html silahkan letakan kode meta tag yang tadi salin (copy) di bawah kode <head> atau di atas kode </head>. Contoh disini kita simpan di bawah kode <head> saja ya biar gampang, karena kode tersebut ada di bagian atas. Jika sudah kita klik Simpan Template.
  5. Silahkan kamu balik lagi ke Menu Verifikasi lalu klik VERIFIKASI.

Akhir kata dari saya: Selamat anda sudah berhasil mendaftarkan blog ke Google webmaster tools. :D Wasalam.

Subscribe to receive free email updates: