Cara Menambahkan Widget/Gadget di Blog

Cara menambahkan Widget/Gadget di Blogger - Widget di dalam suatu halaman blog sangat bermanfaat sekali untuk mempercantik blog agar terlihat lebih keren dan menarik. Contohnya kita bisa menambahkan widget jam, kalender, statistik blog, recent post atau entri populer. Selain untuk mempercantik blog, widget juga sangat bermanfaat untuk pemasangan kode HTML dan JavaScript, contohnya kita akan memasang kode iklan, daftar tautan, gambar atau teks.

Bagaimana cara membuat widget di blog? Untuk seorang pemula seperti saya mungkin akan kesulitan dan kebingungan saat akan menambahkan widget di blog. Nah dari situlah saya berniat berbagi pengalaman dan ilmu saya kepada anda dalam pemasangan widget di blogger.

Cara Menambahkan Widget di Blog

  • Silakan anda login ke blogger.com, lalu masuk ke dasbor blog anda.
  • Setelah anda berada di dasbor blog, langsung saja klik menu Tata Letak yang ada di samping kiri anda.
  • Untuk menambahkan widget silakan klik Tambahkan Gadget. Lihat gambar ini:
  • Contoh: di sini saya akan menambahkan Widget HTML/JavaScript untuk pemasangan kode HTML. Untuk itu silakan pilih HTML/JavaScript. Lihat gambar berikut.
  • Setelah anda memilih menu yang tadi, nanti akan anda form isian seperti gambar di bawah ini.

    Judul: Ini bisa anda kosongkan bila anda tidak ingin memasang judul widget nya.
    Konten: Kalau yang ini pastinya wajib anda isi. Karena kita menambahkan widget HTML/JavaScript, jadi isi konten widget ini bisa anda isi dengan kode HTML dan JavaScript. Contoh seperti kode widget jam, atau widget blog lainnya.
  • Jika sudah jangan lupa klik Simpan.
  • Silakan lihat blog anda.
Di atas merupakan tutorial cara menambahkan widget blog dengan contoh pemasangan kode HTML. Jika ada mau menambahkan gadget blog lainnya silakan masuk lagi ke menu Tata Letak » Tambahkan Gadget.

Di menu ini silakan pilih saja sesuai kebutuhan anda, misal anda akan menambahkan widget entri populer yang akan menampilkan halaman post yang banyak di kunjungi oleh pengunjung, kotak penelusuran yaitu berguna untuk pengunjung mencari konten blog anda, dll.

Subscribe to receive free email updates: