Cara Posting Artikel di Blogger

Cara posting artikel di blogger khusus untuk pemula yang baru membuat blog. Disini juga saya akan memberikan penjelasan tentang menu-menu yang ada di halaman posting blogger. Untuk mempersingkat waktu kita langsung saja ke tutorial-nya, karena artikel ini lumayan panjang. Heheeee

Cara Posting di Blogger

Silakan anda login ke blogger.com menggunakan email gmail anda.
Masuk ke Dashboard blog -» klik Entri baru.
Setelah itu akan tampil sebuah halaman baru, lihat gambar di bawah untuk memperjelas maksud saya:
Belajar Membuat Blog: Cara Posting di Blogger
Penjelasan dari gambar diatas:
No 1 untuk Judul postingan.
No 2 untuk posting artikel anda.
No 3 ada empat menu: Publikasikan yaitu untuk mempublikasikan postingan. Menu Simpan untuk menyimpan postingan yang nanti akan di pindahkan ke menu Draf di dasboard blogger. Pratinjau berguna untuk meninjau terlebih dulu sebelum postingan di publikasikan. Tutup untuk keluar dari halaman postingan.

Diatas adalah cara dasar membuat posting artikel di blog, tapi kurang lengkap jika sebuah postingan tidak di tambahkan dengan gambar atau pernak-pernik yang lainnya. :D Nah untuk itu saya akan menjelaskan cara menambahkan gambar di postingan blog dan yang lainnya.

Fungsi dari Menu Posting Blogger

Belajar Membuat Blog: Menu Posting di Blogger
Pada gambar diatas saya menggunakan tanda menu dengan hurup A-X, untuk mengetahui fungsi dari menu tersebut saya sarankan anda sambil membuka halaman posting blogger, agar bisa langsung praktik. Berikut adalah penjelasannya.
  1. Compose adalah menu awal dari halaman post blogger, menu ini bisa di sebut hasil pratinjau dari sebuah kode HTML.
  2. Menu HTML berisi kumpulan kode HTML dari hasil tulisan posting anda, kode-kode tersebut akan secara otomatis terbuat. Menu HTML bisa anda manfaatkan untuk mengedit jika ada kesalahan dalam pembuatan postingan artikel.
  3. Undo berguna untuk mengembalikan perintah yang sudah dibuat.
  4. Redo kebalikan dari Undo, yaitu perintah untuk memulihkan. Misal kita sudah membuat postingan lalu tidak sengaja terhapus, nah untuk mengembalikannya atau memulihkan tulisan tersebut kita bisa menggunakan Menu Redo.
  5. Di hurup E adalah menu Font. Anda bisa mengubah jenis font pada artikel yang sedang dibuat, ada beberapa pilihan font.
  6. Font Size atau dalam bahasa Indonesia adalah ukuran font atau ukuran tulisan. Nah untuk mengubah ukuran tulisan artikel bisa menggunakan menu ini. Contoh saya akan membuat tulisan "cara membuat tulisan di blog" dengan font size Large dan Small. Hasil dari font size Large: "cara membuat tulisan di blog" dan untuk font size small "cara membuat tulisan di blog".
  7.  Menu "G" untuk mengubah tulisan di postingan dengan tipe Heading, Subheading dan Minor Heading.
    Heading jika di tulis dengan kode HTML secara manual adalah <h2>, subheading <h3>, dan miror heading <h4>.
  8. B adalah Bold atau tulisan tebal. Contoh tulisan tebal "membuat tulisan tebal di blog".
  9. Menu I adalah untuk membuat tulisan Italic atau Miring. Contoh tulisan italic "membuat tulisan miring di blog".
  10. Menu U untuk membuat tulisan dengan garis bawah. Contoh tulisan garis bawah "membuat tulisan garis bawah di blog".
  11. Menu K yaitu strikeThrough atau tulisan garis tengah. Contoh membuat tulisan strikethrough di blog.
  12. Text Color yaitu warna teks. Dengan menu ini kita bisa membuat tulisan berwarna dengan sekali klik, contoh tulisan warna merah. Silakan baca juga postingan saya tentang kode warna untuk blog.
  13. Text Background Color berguna untuk membuat tulisan dengan background berwarna. Contoh tulisan background warna hijau.
  14. Link atau tautan fungsinya untuk membuat tautan. Contoh: tulisannya "Cara Posting Artikel di Blogger" url-nya: http://gibsonsnapshots.blogspot.com/2015/04/posting.html dan hasilnya Cara Posting Artikel di Blogger.
  15. Insert Image fungsinya untuk menambahkan gambar kedalam postingan. Nah untuk anda yang ingin menambahkan gambar kedalam artikel bisa menggunakan menu ini.
  16. Insert a Video fungsinya untuk menambahkan video kedalam postingan.
  17. Insert special characters untuk menambahkan karakter teks di dalam postingan.
  18. Insert jump break fungsinya untuk membuat ReadMore di halaman beranda blog. Menu ini akan berfungsi jika template anda tidak menggunakan auto read more.
  19. Menu S untuk membuat tulisan Align Left atau tulisan rata kiri, Align Center = tulisan berada di tengan, Align Righ = tulisan rata kanan, dan Justify untuk membuat tulisan rata kiri & kanan.
  20. Numbered list fungsinya untuk membuat tulisan dengan nomor berurutan.
    Contoh dan hasilnya:
    1. Tulisan A
    2. Tulisan B
    3. Tulisan C
  21. Bullet list hampir sama dengan Numbered list, bedanya yang ini menggunakan tanda bulat di samping kiri tulisan kita.
    Contoh dan hasilnya:
  22. Quote fungsinya untuk membuat tulisan Quote.
    Contoh:
    Cara Posting Artikel di Blogger dengan Quote.
  23. Remove formatting berguna untuk mengembalikan tulisan kita yang sudah di beri format (font size, font color, bold, italic, underline, dan lain-lain).
  24. Check spelling berfungsi untuk mengecek sebuah tulisan dengan ejaan.

Setelan Entri Post di Blogger

Mari kita lanjut ke fungsi setelan entri yang ada di sebelah kanan.
Belajar Membuat Blog: Setelan Entri Post Blogger
  • Label: fungsi ini untuk menentukan postingan artikel kita.
  • Jadwal berfungsi untuk mengatur kapan postingan kita akan di publikasikan. Jika anda membiarkan secara defaul maka artikel anda akan segera di terbitkan.
  • Tautan Permanen atau custom url blogger fungsinya untuk mengatur url sebuah postingan, ini juga bermanfaat untuk seo.
  • Lokasi fungsinya untuk menentukan lokasi kita. Biasanya fitur ini tidak berfungsi karena template yang mereka gunakan sudah hasil editan. Di template defaul blogger fungsi ini akan berfungsi dengan baik.
  • Deskripsi Penelusuran: seperti namanya deskripsi penelusuran yaitu berfungsi untuk menentukan cuplikan dari postingan blog kita. Deskripsi tersebut akan terlihat di mesin pencari dan sosmed.
  • Pilihan: Menu ini untuk mengatur seperti komentar pembaca, mode tulis, baris baru, tag robots.

Subscribe to receive free email updates: