Cara Agar Blog Tidak Bisa di Copy Paste

Anti Copy Paste lumayan bermanfaat untuk mengamankan blog kita agar isi dari blog tidak mudah untuk di curi oleh blogger nakal yang malas. Fungsi dari anti copy paste ini adalah mematikan fitur dari klik kanan, sehingga halaman blog tidak bisa di view page source.

Harus anda ketahui, bahwa ini bukan satu-satunya cara mengamankan artikel blog kita agar tidak bisa di copy paste, karena sistem keamanan se-canggih apa pun pasti ada kelemahan dan celah untuk bisa di tembus. Heheee

Terus buat apa gunanya kita memasang kode anti copy paste jika ada kelemahannya? "Ingat ya, kode anti copy paste ini gunanya masih sama yaitu agar blog tidak bisa di copy paste". Heheeee Walau pun ada kelemahannya tetap saja akan bermanfaat, karena kelemahan dari sebuah sistem hanya akan bisa di tembus oleh orang-orang yang mempunyai keahlian lebih.
Baca juga cara cek kecepatan loading blog.
Mengapa Cara Membuat Blog tidak di pasang anti copy paste?
Dari awal pembuatan blog ini, saya niat-kan untuk mengamalkan ilmu yang saya punya, berharap isi dari blog ini juga tidak ada yang di copy paste tanpa izin dan tanpa link sumber (link aktif dofollow). Karena jika di temukan blog yang mengcopy paste dari blog ini, saya tidak akan segan untuk melaporkannya. Heheee

Agar Blog Tidak Bisa di Copy Paste


Berikut adalah cara pemasangan dan kode anti copy paste-nya:
  1. Kita bisa menggunakan kode: "<body onmousedown='return false' oncontextmenu='return false' onkeydown='return false'>", silakan anda copy kode tersebut.
  2. Pergi ke dashboard blog anda lalu pilih menu Template --» Edit HTML.
  3. Setelah terbuka jendela edit template, tekan CtrL+F di keyboard (Tekan secara bersamaan), terus di kolom pencarian ketikan <body
  4. Ganti kode <body> dengan cara paste kode diatas yang sudah anda tadi copy. Lihat gambar berikut ini untuk lebih jelas.

Anti Copy Paste


Cara kedua kita bisa menggunakan kode JavaScript, namun kode ini lebih tepatnya kode anti klik kanan saja. Karena tulisan di blog kita masih bisa di blok atau di drag cuma klik kanan di disable.
Copy kode ini: <script type='text/javascript'>
function cp(e)
{try { if (event.button==2||event.button==3) return false; } 
  catch (e) { if (e.which == 3) return false; } }
document.oncontextmenu = function() { return false; }
document.ondragstart = function() { return false; }
document.onmousedown = cp;
</script>
Pemasangan-nya hampir sama dengan kode pertama yaitu di menu Edit Template/ Edit HTML, namun kode ini paste di atas kode </head>. Lihat gambar ini:

Agar Blog Tidak Bisa di Copy Paste

Untuk kekurangan dan kelebihan kode anti copy paste di atas silakan anda coba sendiri agar lebih paham. Terima kasih sudah membaca Cara Agar Blog Tidak Bisa di Copy Paste.